cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan" : 20 Documents clear
Identitas Akademik dan Kapital Manusia Mahasiswa Program Doktor: Kajian Naratif di Perguruan Tinggi Swasta Ahdi Riyono; Mohammad Kanzunnudin; Nadiah Ma'mun
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v21i1.10196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi identitas akademik dan kapital manusia mahasiswa doktor yang terkait dengan cara mereka mengembangkan karier akademiknya setelah lulus, dan saat kembali bekerja di perguruan tinggi. Kerangka teori yang digunakan dalam kajian ini teori praktisi dan teori kapital. Metode penelitian kualitatif dengan analisis tematik reflektif digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang identitas akademik dan kapital dari partisipan penelitian. Temuan ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa program doktoral tentang studi program doktoral adalah pendidikan doktoral dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan profesional mereka, terutama terkait dengan penelitian dan publikasi jurnal internasional. Dengan kemampuan tersebut mereka dapat meningkatkan kapital manusia dan identitas akademik. Begitu juga, mereka akan memiliki banyak kesempatan untuk pengembangan karier akademik di perguruan tinggi. Dengan demikian, kapital manusia dan identitas akademik sangat bernilai dan penting untuk pencapaian karier akademik mahasiswa program doktor pada masa depan.
Pendampingan Anak Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Sekolah Dasar Pasca Covid-19 Siswoyo Siswoyo; Fatma Yuniarti
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v21i1.10946

Abstract

Berdasarkan temuan penelitian ini diketahui bahwa para orang tua perlu mendampingi anak-anak mereka dalam belajar Bahasa Inggris pasca covid-19. Anak-anak mengalami masalah ketika mereka mengerjakan tugas-tugas Bahasa Inggris. Temuan penelitian ini menyatakan bahwa sebagian orang tua menemui masalah dalam mendampingi anak-anak belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Terdapat 11 responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendampingan terhdap anak-anak dilakukan oleh orang tua sendiri namun juga ada yang meminta bantuan orang lain dalam mendampingi anak-anak. Adapun faktor-faktor pendampingan tersebut dikarenakan adaya masalah pada diri anakdan juga pada diri orang tua. Masalah Pada diri anak dikarenakan anak tidak bisa fokus dan masalah pada orang tua terkait dengan waktu dan kemampuan yang berbeda. Pendampingan ini mempunyai implikasi terhadap pembelajaran bahasa Inggris dan hasil pembelajaran. Mereka lebih semangat dan nilai mereka juga bertambah baik.
Pengaruh Model Latihan Terhadap Kemampuan Menggiring Bola (Dribbling) Siswa Muhamad Rudiyanto; Juanda Putra; Ardo Okilanda
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v21i1.10951

Abstract

Kemampuan dribbling siswa saat berhadapan dengan lawan sangat mudah sekali direbut oleh lawan sehingga tidak ada pergerakan melewati bola dengan dribbling.  Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen. Partisipan dalam penelitian siswa ektrakurikuler sepakbola SMA 1 Metro dengan jumlag 32 orang. Teknik analisis data dengan uji-t, instrumen tesy yaitu test menggiring bola. Hasil penelitian didapat temuan dengan rata-rata nilai tes awal dribbling kelompok menggunakan rintangan adalah 17,93 poin dan kelompok tanpa menggunakan rintangan adalah 9,86 poin, hasil rata-rata tes akhir menggiring bola kelompok menggunakan rintangan adalah 17,5 poin dan tanpa menggunakan rintangan adalah 10,5 poin. Kemudian tes awal dan tes akhir pada kelompok metode latihan tanpa menggunakan rintangan diperoleh nilai 59,58 dan kelompok metode latihan tanpa menggunakan rintangan diperoleh nilai 35,82. Setelah data dianalisis maka didapat temuan perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir hasil keterampilan dribbling. Guru penting mempertimbangkan latihan dengan rintangan pada fase siswa yang telah mahir namun apabila siswa yang belum mahir maka gunakan pelaksanaan dribbling tanpa rintangan agar bola dapat dikuasai dengan baik, pertimbangan ini juga perlu dilihat dimana posisi bermain siswa.
Tinjauan Proses Belajar Seni Tari Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Di Sekolah Menengah Pertama Apriyani Apriyani; Ayu Septiana; Nur Affifah Izatun Nisa R
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v21i1.10953

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau bagaimana proses belajar mengajar seni tari pada mata pelajaran seni budaya. Penelitian ini dilakukan di UPT SMPN 1 Kotagajah. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah proses belajar Seni Budaya (Tari) di UPT SMPN 1 Kotagajah menggunakan Kurikulum 2013. Guru tari telah menerapkan metode pengelolaan dan pengorganisasian pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) fase persiapan, (2) fase transfer, (3) fase pelatihan, dan (4) fase implementasi. Belajar seni tari di UPT SMPN 1 Kotagajah berpotensi berprestasi baik dari segi siswa, guru, sarana prasarana dan sistem penilaian, bahkan pembelajaran seni budaya yang diwujudkan dalam visi sekolah yaitu loyalitas, prestasi dan pembudayaan dalam sebuah semangat keunggulan global. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran seni tari adalah: minat siswa, perhatian siswa, kedekatan guru dan siswa sangat terjalin sehingga siswa nyaman dan menikmati tarian, ketrampilan guru dan kreatifitas guru dalam menggunakan metode kenyamanan audiovisual. sarana, prasarana dan sarana yang benar-benar mendukung keberhasilan pembelajaran. Faktor penghambatnya adalah siswa tidak memiliki sarana untuk belajar menari berupa pemutar VCD untuk latihan di rumah, namun fasilitas yang tersedia di sekolah sudah diatasi dengan latihan di sekolah.
Pengembangan E-Modul Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Materi Kebugaran Jasmani Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Aktivitas Bermain Abdur Rohim Fadlan; Asep Sujana Wahyuri; Nurul Ihsan; Anton Komaini; Robiatun Batubara
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v21i1.10993

Abstract

Produk pembelajarn berupa e-modul pembelajaran kebugaran jasmani berbasis aktvitas bermain pada pembelajaran PJOK adalah hasil akhir dari penelitian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R & D). Produk e-modul dikembangkan melalui model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan. Penelitian ini melibatkan 5 orang ahli, yakni 3 ahli mater, 1 ahli media dan 1 ahli bahasa serta pelaksanaan uji coba skala kecil dan skala besar. Pengumpulan data pada tahap uji valid yaitu menggunakan lembar validasi dan pengumpulan pada tahap uji coba menggunakan lembar angket. Tahap uji valid menunjukan bahwa e-modul yang dihasilkan sangat layak dengan persentase 88,2%. Sedangkan tahap uji coba  skala kecil menunjukan bahwa peserta didik sangat setuju apabila e-modul sebagai bahan pembelajaran dengan persentase 85%. Tahap uji coba skala besar menujukan bahwa peserta didik sangat setuju apabila e-modul sebagai bahan pembelajaran dengan persentase 81.8%. Berdasarkan tahapan tersebut, dapat dinyatakan bahwa e-modul pembelajaran PJOK berbasis aktivitas bermain sangat layak digunakan sebagai bahan ajar Kata Kunci : E-modul, Aktivas Bermain, Kebugaran Jasmani.
Pengaruh Kecepatan, Keseimbangan Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Dribbling Bola Siswa Sekolah Sekolah Sepakbola Rumbai Ardiansyah Ardiansyah; Muhammad Sazeli Rifki; Arsil Arsil; Didin Tohidin
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v21i1.11016

Abstract

Masalah penelitian adalah masih rendahnya kemampuan dribbling bola siswa sekolah sepakbola Rumbai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung kecepatan terhadap kemampuan dribbling; (2) pengaruh langsung keseimbangan terhadap kemampuan dribbling.; (3) pengaruh langsung konsentrasi terhadap kemampuan dribbling; (4) pengaruh tidak langsung kecepatan melalui konsentrasi terhadap kemampuan dribbling; (5) pengaruh tidak langsung keseimbanganimelalui konsentrasi terhadap kemampuan dribbling; (6) pengaruh kecepatan, kelincahan dan konsentrasi terhadap kemampuan dribbling bola. Metode penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kausal-komparatif, karena menggunakan analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian ini seluruh siswa sekolah sepakbola laki-laki PS Rumbai. Seluruh populasi dijadikan sampel penelitian, yaitu 36 orang. Data untuk kecepatan dikumpulkan dengan instrumen tes lari 30 meter, data untuk keseimbangan digunakan instrumen Modified Bass Test of Dynamic Balance, data untuk konsentrasi digunakan instrumen Grid Concentration Test, dan data untuk kemampuan dribbling digunakan instrumen tes dribbling sekolah sepakbola. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung kecepatan terhadap kemampuan dribbling, karena koefiesiennya lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05); (2) terdapat pengaruh langsung keseimbangan terhadap kemampuan dribbling (0,038<0,05); (3) terdapat pengaruh langsung konsentrasi terhadap kemampuan dribbling dengan koefiesien 0,110 atau lebih kecil dari 0,05; (4) tidak terdapat pengaruh tidak langsung kecepatan melalui konsentrasi terhadap kemampuan dribbling, karena nilai pengaruhnya lebih kecil dari 0,302 (0,110<0,302); (5) tidak terdapat pengaruh tidak langsung keseimbanganimelalui konsentrasi terhadap kemampuan, karena nilai pengaruhnya lebih kecil dari 0,302 (0,251<0,302; (6) terdapat pengaruh secara simultan pada kecepatan, kelincahan dan konsentrasi terhadap kemampuan dribbling bola siswa sekolah sepakbola Rumbai, yaitu sebesar 62,09%. Kata Kunci: Kecepatan, Keseimbangan, Konsentrasi, Kemampuan Dribbling sepakbola
Konseling Kelompok Realita untuk Peningkatan Identitas Diri Siswa Pengguna Aplikasi TikTok Gusti Rahayu; Neviyarni Neviyarni; Marjohan Marjohan; Ifdil Ifdil; Afdal Afdal
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v21i1.10955

Abstract

Aplikasi TikTok menjadi sarana hiburan yang membuat penggunanya harus bisa membentengi diri dari pengaruh negatif agar tidak kehilangan identitas dirinya. Identitas diri yang dimiliki individu sebagai suatu identitas atau pembeda antara dirinya dengan orang lain. Identitas diri yang tidak sempurna akan membuat individu terjebak dengan situasi yang dapat merugikan dirinya dan orang-orang sekelilingnya, seperti memiliki rasa tidak mampu dalam melakukan sesuatu, tidak berdaya, penurunan harga diri, tidak percaya diri, dan sebagainya. Konseling kelompok realita menjadi salah satu layanan bimbingan konseling yang dapat membantu individu meningkatkan identitas diri, dengan memanfaatkan dinamika kelompok dalam proses kegiatannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literature yang memberikan jabaran secara terperinci terkait konseling kelompok realita untuk meningkatkan identitas diri. Keyword: Pengguna Aplikasi TikTok, Identitas Diri, Konseling Kelompok Realita
Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Muhammad Fakhrur Rozi; Juanda Putra; Suwirman Suwirman; Arsil Arsil
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v21i1.11011

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) kelas VII,VIII di SMPN 3 Kota Solok belum berjalan dengan baik, hal ini mungkin disebabkan oleh motivasi intrinsik dan ekstrinsik.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VII,VIII di SMP N 3 Kota Solok. Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa Kelas VII,VIIIdi SMP N 3 Kota Solok dengan jumlah 357 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Proportionate Stratified Random Sampling, sehingga sampel berjumlah 36 orang siswa. Pengambilan data dilakukan dengan cara responden menilai/mengisi angket yang dirancang sedemikian rupa sehingga bisa menyebabkan informasi yang lebih objektif dari responden. Analisis data penelitian menggunakan teknik distribusi frekuensi (statistik deskriptif) dengan perhitungan persentase P = F/N × 100%. Hasil penelitian menujukkan bahwa, 1) Sub variabel motivasi siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK), dengan tingkat pencapaian sebesar 73,91% dan tergolong baik, 2)Sub variabel motivasi ekstrinsiksiswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK), dengan tingkat pencapaian sebesar 80,04% dan tergolong baik, 3) Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VII,VIII di SMP N 3 Kota Solok memperoleh tingkat pencapaian sebesar 76,98% dan tergolong baik. Kata Kunci: Motivasi, Siswa, Pendidikan Jasmani
Pengaruh Latihan Plyometric Dengan Metode Interval Dan Metode Circuit Training Dengan Motivasi Latihan Terhadap Hasil Lompat Jauh Siswa Putera Kelas X IPA SMA Negeri 14 Pekanbaru Hendra Agus Saputra; Willadi Rasyid; Hendri Neldi; Masrun Masrun
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v21i1.11042

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti dilapangan terlihat bahwa kurang maksimalnya materi pendekatan latihan dalam menerapkan pembelajaran lompat jauh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan model latihan dan tingkat motivasi terhadap hasil lompat jauh siswa putera kelas X IPA SMA Negeri 14 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang siswa putera kelas X IPA SMA Negeri 14 Pekanbaru setelah dilakukan pembagian kelompok (75x27=20)% tingkat motivasi latihan tinggi dan (75x27%=20) tingkat motivasi latihan rendah. Instrument yang digunakan adalah Test Lompat Jauh dan angket skala liker. Data yang diperoleh dianalisis dengan anava dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tuckey. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) Secara keseluruhan Pendekatan latihan plyometric metode interval lebih baik dari pada pendekatan latihan plyometric metode circuit training. (2) Terdapat interaksi antara pendekatan latihan plyometric metode interval dan pendekatan latihan plyometric metode circuit training dengan motivasi terhadap hasil lompat jauh siswa putera kelas X IPA SMA Negeri 14 Pekanbaru. (3) Pada motivasi latihan kategori tinggi pendekatan latihan plyometric metode interval lebih baik dari pada pendekatan latihan plyometric metode circuit training terhadap hasil lompat jauh siswa putera kelas X IPA SMA Negeri 14 Pekanbaru. (4) Pada motivasi latihan kategori rendah pendekatan latihan plyometric metode circuit training lebih baik dari pada pendekatan latihan plyometric metode interval terhadap hasil lompat jauh siswa putera kelas X IPA SMA Negeri 14 Pekanbaru. Kata Kunci :Interval, Circuit Training, Motivasi, Hasil Lompat Jauh.
Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Kooperatif dengan Metode Latihan Drill dan Konsentrasi terhadap Kemampuan Lay-Up Shoot Atlet Bolabasket SMK Negeri 7 Pekanbaru Henri Saputra; Hendri Neldi; Ronni Yenes; Damrah Damrah
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v21i1.11044

Abstract

Masalah penelitian adalah kurangnya kemampuan lay-up shoot atlet bolabasket SMKN 7 Pekanbaru, karena bola jarang masuk ring, dan masih kurangnya konsentrasi atlet ketika melakukan lay-up shoot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan lay-up shoot atlet yang dengan metode latihan kooperatif dan metode drill; (2) pengaruh interaksi antara metode latihan kooperatif dan metode drill; (3) perbedaan kemampuan lay-up shoot atlet konsentrasi tinggi dengan metode kooperatif dan drill; serta (4) perbedaan kemampuan lay-up shoot atlet konsentrasi rendah dengan metode kooperatif dan drill. Metode penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen faktorial. Sampel penelitian yang ditetapkan adalah 40 orang atlet bolabasket SMKN 7 Pekanbaru. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian adalah instrumen tes lay-up shoot bolabasket, dan instrumen tes konsentrasi. Data penelitian ini dianalisis dengan uji beda one-way Anova dan uji Tukey. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat perbedaan kemampuan lay-up shoot bolabasket yang diberi perlakuan metode latihan drill dan metode latihan kooperatif; (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode latihan kooperatif dan konsentrasi terhadap kemampuan lay-up shoot bolabast; (3) tidak terdapat perbedaan kemampuan lay-upshoot bolabasket atlet konsentrasi tinggi dengan metode latihan drill dan kooperatif; serta (4) tidak terdapat perbedaan kemampuan lay-upshoot bolabasket atlet konsentrasi rendah dengan metode latihan drill dan kooperatif. Kata Kunci : Metode Latihan Drill, Metode Latihan Kooperatif, Konsentrasi, Kemampuan Lay-Up Shoot

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 22 No. 1 (2024): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 3 (2023): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 2 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 3 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 1 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 1 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 3 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 3 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 2 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 1 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 2 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 3 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 2 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 1 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 2 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 3 (2013): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 2 (2013): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan More Issue